Senin, 01 Agustus 2011

ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN GOLONGAN DARAH

      Golongan darah konon bisa mencirikan karakter seseorang. Analisis karakter berdasarkan golongan darah sangat populer di beberapa negara di Asia Timur terutama Jepang. Di Jepang, trend tersebut bahkan sudah dimulai sejak tahun 1931, dipopulerkan oleh Furokawa Takeji (1891-1940). Sistem penggolongan darah ABO sendiri ditemukan oleh imunolog Austria bernama Karl Landsteiner (1868-1943) pada tahun 1901. 
Sekilas tentang golongan darah…
      Sistem penggolongan darah ABO didasarkan kepada ada tidaknya aglutinogen dalam darah. Aglutinogen adalah antigen yang terdapat dalam sel darah. Antigen merupakan senyawa yang dapat merangsang respon imun untuk menghasilkan antibodi. Antibodi tersebut terdapat dalam plasma darah dan dinamakan aglutinin. Jika dianalogikan, antigen adalah penjahat yang memasuki sebuah toko, dan antibodi merupakan satpam yang menjaga toko tersebut, sehingga satpam itu akan berusaha membasmi penjahat tersebut.
 Kembali ke masalah tipologi darah dan karakter manusia,
             Blood typology menjadi sangat populer di Jepang disebabkan oleh pernyataan seorang ilmuwan barat (sekitar tahun 1920-1930an) yang menyatakan bahwa orang-orang Asia mayoritas memiliki golongan darah B yang juga menjadi golongan darah mayoritas pada binatang. Menurut ilmuwan tersebut, penduduk Asia merupakan manusia rendahan yang secara tingkat evolusi berbeda dengan orang Kaukasia (istilahnya: orang Asia jauh tertinggal dari orang Kaukasia). Oleh karena itu, banyak ilmuwan Jepang yang berusaha meruntuhkan teori ilmuwan barat tersebut dengan mempopulerkan karakterisasi berdasarkan pembuluh darah (sebenarnya secara ilmiah karakterisasi seseorang terbentuk karena pengaruh lingkungan dan warisan dari sifat orang tua). Penyebab lainnya yaitu orang-orang Jepang tidak ingin dilihat sebagai populasi yang homogen. 
 1. Golongan darah O :
Sifat (+) : percaya diri tinggi, kemauan keras, mudah bersosialisasi, enerjik, ekstrovert, jujur, realistis, mandiri, pengambil risiko, trendsetter, setia, terorganisir.
Sifat (-) : suka membangga-banggakan diri, tukang pamer, gelisah, keras kepala, egois, ambisius, pecemburu.
Golongan darah O biasa disebut golongan darah prajurit. Beberapa tokoh terkenal yang bergolongan darah O: Queen Elizabeth II, John Lennon, Elvis Presley, Liam & Noel Gallagher (Oasis), Paul Newman (Aktor).
2. Golongan darah A :
Sifat (+) : patuh, peduli, mudah bersimpati, rela berkorban, sopan, jujur, setia, tegas, good at team work, bertanggung jawab.
Sifat (-) : emosional, keras kepala, introvert, mudah gugup, pemalu, pesimis, penyendiri, ragu-ragu, terlalu berhati-hati.
Golongan darah A biasa disebut golongan darah petani. Beberapa tokoh terkenal yang bergolongan darah A: Adolf Hitler, Soseki Natsume (penulis), George Bush Senior, Ringo Starr (the beatles), Britney Spears.


3. Golongan darah B:

Sifat (+) : menyenangkan, kuat, ramah, optimis, kreatif, enerjik, flexible, aktif, pengembara, mudah bersosialisasi, suka menghibur.
Sifat (-) : liar, tidak dapat diprediksi, individualistis, sensitif, pelupa, tidak terorganisir, egois, gaduh, susah diatur.
Golongan darah B biasa disebut golongan darah pemburu. Beberapa tokoh terkenal yang bergolongan darah B: Akira Kurosawa (sutradara), Paul McCartney, Mia Farrow (aktris), Leonardo Di Caprio, Jack Nicholson (aktor).

4.Golongan darah AB:
Sifat (+) : tegas, rasional, mudah bersosialisasi, populer, kritis, mudah diatur, easy going, kreatif, artistik, flexible, pemikir ulung, friendly.
Sifat (-) : kurang ramah, cuek, tidak dapat diprediksi, moody, mudah bosan, terkadang introvert, terlalu memaksakan sesuatu, tidak suka memberi.
Golongan darah AB biasa disebut golongan darah humanis. Beberapa tokoh terkenal yang bergolongan darah AB: Jackie Chan (aktor), Marilyn Monroe, John F Kennedy (Pres USA), Mick Jagger (Musikus), Alain Prost.

Tapi, benarkah karakter seseorang dipengaruhi oleh golongan darahnya? Bisa iya ....... bisa juga tidak .....
Dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar